Skip to main content

Cara Membuat Daftar Isi (Table of Content) Otomatis

Pembuatan daftar isi atau table of content dalam Ms. Word 2010 tidak berbeda dengan Ms.Word 2007. Keduanya mempunyai cara yang sama dan hasil yang sama pula. Bagaimana caranya, saya akan jelaskan satu persatu :

  • Yang pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan dokumen yang tentunya sudah diatur page numbernya dan memakai styles heading. Saya anggap bahan pertama sudah ada, sekarang kita akan membuat daftar isinya. Kemudian taruh kursor anda di tempat anda ingin membuat daftar isi.


  • Dimulai dari tab menu References kemudian klik table of contents yang biasanya berada di bagiankanan tab references.

  • Setelah di klik akan muncul list menu dari table of contents seperti berikut:

  • Dari list menu tersebut kita memilih insert table of content. Setelah mengklik insert table of contents akan muncul kotak dialog table of contents seperti di bawah ini:

  • Dalam kotak dialog table of contents terdapat pengaturan-pengaturan untuk tampilan dari daftar isi yang ingin kita buat. Saya akan jelaskan satu persatu, dimulai dari tab leader dimana tab ini berfungsi sebagai pengatur batasan antara list nama daftar isi dengan halamannya. Pada bagian ini kalian dapat memilih batasannya seperti apa apakah menggunakan titik-titik ataupun garis lurus dan sebagainya.  
  • Di bagian general terdapat format dan show level. Pada bagian format berfungsi untuk tempat bagi kita memilih template daftar isi yang ingin kita gunakan, sedangkan pada bagian show level berfungsi untuk menentukan berapa level nama daftar isi yang akan kita tampilkan. Disini dimaksudkan pada saat kita menggunakan style heading (menu dan sub menu) berapa sub dari heading itu yang akan tampil dalam daftar isi. Disini saya memilih  formats: frome template (standart) dan memilih 2 level, karena saya hanya ingin ada satu menu dan ada satu sub menu yang tampil dalam daftar isi.
 
  • Jika anda ingin memberikan link kepada list  nama daftar isi yang anda buat, anda dapat mencentang bagian use hyperlinks of page numbers. 
  • Setelah selesai mengatur tampilan table of contents klik ok. Maka akan langsung muncul daftar isi sebagai berikut:

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments