Skip to main content

Jenis-jenis GPS

Sebuah GPS juga memiliki firmware yang bisa di-upgrade. Upgrade firmware ini biasanya disediakan pada site produsen GPS tersebut. Upgrade firmware biasanya menggunakan kabel yang dibundel atau-pun tersedia sebagai asesoris. Kabel ini juga ternyata bisa digunakan untuk menghubungkan GPS ke komputer (baik itu notebook, PC, maupun PDA dengan sedikit bantuan konverter). Software GPS yang tersedia untuk berbagai platform tersebut juga cukup banyak. Dengan software tersebut, Anda dapat dengan mudah mendownload informasi dari GPS. Memori sebuah GPS memang relatif terbatas, sehingga kemampuan ekstra untuk menyimpan informasi yang pernah Anda tempuh ke PC/PDA (yang biasanya memiliki memori lebih besar) tentu akan sangat menyenangkan. Untuk media komunikasi GPS dengan hardware lain selain kabel, model GPS sekarang juga ada yang dilengkapi dengan Bluetooth, Infrared.

Berdasarkan fisik, model GPS dibagi menjadi beberapa tipe antara lain model portable/handheld (ukurannya menyerupai ponsel), ada yang lebih besar (biasanya 8 dimount di mobil/kapal), ada pula yang meng-gunakan interface khusus untuk dikoneksikan ke notebook maupun PDA (Palm, Pocket PC maupun Nokia Com-municator). GPS untuk keperluan out- door biasanya juga dilengkapi dengan perlindungan anti air dan tahan ben-turan. Beberapa GPS keluaran terakhir bahkan sudah menyediakan layar warna dan kemampuan komunikasi radio jarak pendek (FRS/Family Radio Service). Tentu saja, semakin banyak feature yang ditawarkan pada sebuah GPS maka semakin tinggi pula harganya.
Untuk lebih mengenal daripada model-model GPS, berikut saya lampirkan tentang model atau jenis GPS:
  • Portable GPS adalah jenis GPS yang cukup untuk digunakan pada saat bepergian dengan berjalan kaki atau mobil.
  • Pocket GPS adalah jenis GPS yang dirancang dengan menyesuaikan ukuran daripada saku celana atau kemeja. Beratnya sekitar 5 ons, dengan layar 3,5 inci.
  • In-Dash GPS adalah jenis GPS yang dibangun ke dalam dash board mobil. Jenis GPS ini dibuat dengan tujuan untuk menambah keamanan unit dan menghindari kerugian.
  • Kebugaran dan GPS Bersepeda, Jenis unit GPS yang dibuat untuk orang-orang yang berjalan, berlari, atau naik sepeda. Ini dirancang untuk memenuhi snuggly pada pergelangan tangan, seperti jam tangan.
  • Motor GPS adalah jenis unit GPS yang hampir sama dengan yang digunakan dalam mobil, tetapi dirancang untuk muat pada konsol sepeda motor, tahan air, dan tahan getaran.
  • Marine GPS adalah jenis unit GPS yang dirancang khusus untuk penggunaan di laut dan dilengkapi dengan plotting fungsi. Hal ini dilengkapi dengan database laut khusus dan bantuan navigasi seperti sinyal suara, pelampung, dan beacon hari antara lain.
Jika suatu saat Anda ingin pergi ke lokasi yang pernah Anda kunjungi dengan meng-gunakan GPS. Maka, Anda tinggal meng-upload data yang pernah Anda simpan di komputer kembali ke GPS. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan rekaman perjalanan Anda terdahulu. Lokasi dan track yang pernah Anda kunjungi akan dapat Anda temui kembali dengan cepat, dan tentu saja meminimalkan resiko tersesat.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments