Skip to main content

Komunikasi Data

Komunikasi data adalah suatu proses pengiriman data dengan media transmisi, dimana pengiriman dilakukan dari komputer ke komputer atau dari komputer ke terminal tertentu. Data yang dikirimkan berbentuk sinyal elektromagnetik yang dibangkitkan oleh sumber data yang nantinya dapat di tangkap dan di kirim ke terminal penerima. Dalam hal ini sumber data yang bertugas untuk mengirimkan informasi dapat berupa telepon, telex atau komputer.
Komunikasi data diperlukan karena adanya perbedaan lokasi, efisiensi waktu, data distributed/ system distributed, efektifitas biaya, pengembangan sistem, dan distributed processing pada jaringan komputer. Di dalam komunikasi data terdapat tiga elemen yaitu sumber (sourcer), Media Transmisi, dan Penerima (reciever). Berikut penjelasannya:
  • Sumber (source) adalah elemen yang bertugas untuk membangkitkan berita informasi dan menempatkannya ke media transmisi. Sumber dilengkapi dengan transmitter yang berfungsi untuk mengubah informasi yang di kirim menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi seperti pulsa listrik, gelombang elektromagnetik dan pulsa digital. Salah satu contoh transmitter adalah modem karena dapat menyalurkan digital bitstream dari PC sebagai sumber data menjadi sinyal analog yang dapat di kirim melalui kabel telepon.
  • Media Transmisi adalah suatu elemen yang mengatur proses pengiriman data dari sumber ke penerimaan data. Media transmisi biasanya berupa kabel, gelombang elektromagnetik dll. Hal yang perlu di perhatikan dalam media transmisi yaitu: media transmisi, kapasitas dan tipe channel transmisi, kode transmisi, mode transmisi, protokol, dan penanganan kesalahan transmisi. Dalam media transmisi ada yang di sebut dengan Modulasi dan Demodulasi. Modulasi adalah proses pengubahan informasi menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi. Sedangkan Demodulasi adalah pengembalian informasi ke dalam bentuk yang semuala. Kemudian macam media transmisi yaitu wired dan wreless.
  • Penerima (Receiver) adalah alat yang menerima data atau informasi seperti misalnya pesawat telepon, terminal, handphone, dll. Tugas daripada penerima adalah sebagai penerima berita yang di kirim oleh sumber dan juga sebagai reciever. Reciever adalah penerima sinyal yang juga bertindak sebagai penggabung/pengubah data ke bentuk yang dapat di terima oleh penerima (demodulator).
Berikut model komunikasi data:
Pergerakan Komunikasi datanya adalah sebagai berikut:

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments