Skip to main content

Menghitung Average Waiting Time dalam Algoritma Penjadwalan Round Robin

Dalam algoritma penjadwalan proses Round Robin, proses akan diberikan porsi waktu pengerjaan yang sama dari tiap-tiap prosesnya. Algoritma Round Robin ini disebut dengan algoritma yang adil. Untuk memahami dari cara kerja algoritma penjadwalan Round Robin ini,mari kita kerjakan soal berikut :
Hitunglah Average Waiting Times proses di atas dengan menggunakan algoritma penjadwalan Round Robin dengan QT = 5ms!
Penyelesaian:
  • Seperti halnya algoritma penjadwalan sebelumnya, langkah pertama untuk mencari AWT dengan Algoritma penjadwalan Round Robin dilakukan dengan membuat Gantt Chart prosesnya. Berikut gambarnya:
 
Dari Gantt Chart di atas terlihat bahwa setiap proses dikerjakan menurut waktu yaitu setiap proses di proses sebesar 5. Awalnya P1 akan di kerjakan sebanyak 5 langkah, kemudian, P2 sebanyak 5 langkah, dan begitupun selanjutnya hingga P5. Proses yang sudah di proses menurut porsi waktu yang diberikan akan kembali menunggu dan berada paling belakang dari antrian proses yang ada. Contohnya P1 dikerjakan di awal, kemudian ada P2, P3,P4,dan P5 yang mengantri di belakangnya. Jika P1 selesai di proses menurut porsi waktunya maka P1 akan di pindahkan ke belakang, sehingga urutannya menjadi P2, P3, P4, P4, P1. begitupun seterusnya.
  • Setelah mendapatkan Gantt Chartnya, sekarang kita menghitung waiting timesnya, lihat gambar di bawah:
  •  Dari Waiting Times di atas dapat kita tentukan AWTnya yaitu dengan cara :


Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments

  1. tolong kirimkan contoh yang lain..
    abankabha@gmail.com

    ReplyDelete
  2. kalau arrival timenya gg urut gitu gimana?

    ReplyDelete
  3. @Fitria Mulyana
    kalo untuk Algoritma penjadwalan round robin, setau ku proses pengerjaan suatu proses dilakukan secara adil, dimana akan ada QT yang mengatur berapa waktu untuk 1 proses dilakukan. jika sudah memenuhi QT tersebut maka akan dilanjutkan ke proses lain, walaupun proses sebelumnya belum selesai dilakukan

    kurang lebihnya seperti itu

    ReplyDelete
  4. mas kok itu bisa jadi begini yah perhitungannya
    P1= (0-0) + (25 - 5) + (43 -30) =

    mohon pencerahannya mas. :|

    ReplyDelete
  5. itu berdasarkan mulai proses sama selesainya proses mas, P1 dikerjakan sampai 5, karna round robin ini adl algoritma yg adil... jadinya setiap proses memiliki pembagian porsi pengerjaan proses. nah untuk P1= (0-0) + (25 - 5) + (43 -30) .... 25 adl awal P1 dikerjakan kembali dan 5 adl akhir pengerjaan sebelumnya sama halnya 43 dan 30. 43 awal dikerjakan dan 30 akhir pengerjaan sebelumnya... kurang lebihnya seperti itu :)

    ReplyDelete
  6. keren kok, makasih ya :)] :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Tolong berkomentar yang baik dan sopan