Skip to main content

Menghitung Average Waiting Time dalam Algoritma Penjadwalan Priority dengan metode Non Preemtive

Postingan kali ini akan membahas tentang algoritma penjadwalan secara Priority atau sesuai dengan prioritas daripada prosesnya. Algoritma penjadwalan proses secara priority dapat dibagi menjadi dua, yaitu dengan Non preemtive dan Preemtive. Nah.. pada postingan ini saya akan membahas algoritma Priority secara Non Preemtive.
Algoritma Priority secara Non Preemtive adalah algoritma dimana proses yang memiliki prioritas lebih tinggi akan di proses lebih awal, namun karena non  preemtive maka proses yang sudah di jalankan oleh CPU akan diselesaikan terlebih dahulu sebelum CPU mengambil proses yang selanjutnya. Dalam algoritma Priority secara Non Preemtive prioritas tertinggi adalah 1 (satu). Berikut contohnya:
 
 

 Hitung AWT dengan Algoritma Penjadwalan Priority secara Non Preemtive !
 Penyelesaian:

  • Hal yang pertama dilakukan sama seperti postingan sebelumnya, yaitu membuat Gantt Chart, tapi disini saya langsung berikan orak-orek prosesnya. Berikut gambarnya:

Ingat ya, disini jika proses yang sudah di proses oleh CPU maka proses tersebut akan diselesaikan sampai selesai terlebih dahulu tanpa ada penyelaan karena disini Non Preemtive. Saya kira anda sudah mengerti bagaimana alur algoritma di atas. Tapi untuk yang masih kurang mengerti saya akan jelaskan. Begini awalnya, pada suatu kondisi CPU sedang tidak melakukan aktifitas yaitu pada titik 0. Pada saat itu datang P1 dan langsung di proses oleh CPU. CPU disini tidak akan menghiraukan proses lain pada saat P1 sedang di proses, kembali lagi itu karna Non Preemtive. Ketika P1 selesai di proses, akan dilanjutkan dengan proses yang memiliki priority yang lebih tinggi. Begitupun selanjutnya sampai keseluruhan proses selesai di eksekusi oleh CPU. Nah ... jika pada saat CPU memproses, terdapat proses yang memiliki priority yang sama, maka CPU akan melihat proses yang mana datang lebih awal. Silakan anda pahami lagi penjelasan di atas, dan lihat bagaimana cara kerja algoritma penjadwalan di atas.
  • Hal kedua yang dilakukan untuk menghitung average waiting time yaitu dengan menghitung berapa lama waktu tunggu yang dihasilkan oleh proses tersebut. Untuk menhitungnya dapat dilakukan dengan cara mengurangkan waktu eksekusi dengan waktu datang.


  • Hal ketiga dan juga hal yang terakhir yang harus dilakukan yaitu menghitung Average Waiting Time dari semua proses tersebut, yaitu dengan cara sebagai berikut:


Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments