Skip to main content

Pengertian & Jenis Persamaan Differensial

Pembahasan Persamaan Differensial (PD) diajarkan guna untuk pencarian solusi dari sebuah masalah yang erat kaitannya dengan laju pertumbuhan penduduk, laju perkembangan bakteri, kinematika partikel hokum Newton dan sebagainya.

Persamaan differensial (Ordinary Differential Equation) diartikan sebagai suatu persamaan yang mengandung satu atau beberapa turunan dari satu variable tak bebas terhadap satu atau lebih variable bebas.
RUMUS UMUM
Di dalam persamaan differensial dapat di bagi menajadi dua jenis yaitu persamaan differensial biasa (PDB) dan Persamaan Differensial Parsial (PDP). Berikut penjelasan dari masing masing-masing jenis Persamaan Differensial :
  • Persamaan Differansial Biasa (PDB) adalah persamaan differensial yang mengandung hanya satu variable bebas. Mengenai pengaplikasian PDB ini yaitu biasa digunakan pada permodelan analisa rangkaian listrik dan permodelan analisa kinematika hokum Newton.
         Contoh:
  • Persamaan Differensial Parsial (PDP) adalah persamaan differensial yang mengandung lebih dari satu variable bebas. Dalam pengaplikasiannya yaitu digunakan pada permodelan persamaan getaran atau gelombang satu dimensi dan permodelan matematis konduksi panas.
         Contoh:
Istilah-istilah dalam persamaan differensial yaitu:
  • Orde (tingkat) persamaan differensial adalah pangkat tertinggi turunan yang muncul pada persamaan differensial tersebut.
  • Degree (derajat) persamaan differensial adalah bentuk polynomial (suku banyak) yang terdapat pada turunan tingkat tertinggi dan muncul pada persamaan differensial tersebut.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments

  1. terima ksih infonya, ini membantu saya untuk menyelesaiakan tugas kelompok saya.

    namanya aja tugas kelompok tapi yang ngerjakan cuma saya sendiri
    huuuaaa :((

    ReplyDelete

Post a Comment

Tolong berkomentar yang baik dan sopan