Skip to main content

Algoritma Page Replecement

Algoritma Page Replecement atau yang disebut dengan algoritma pergantian page diartikan sebagai algoritma yang berfungsi untuk mencegah alokasi yang berlebihan dari memory, dengan cara memodifikasi layanan rutin page-fault melalui page. Algoritma Page Replecement ini menggunakan modify bit untuk mengurangi overhead transfer page, dimana modifikasi dilakukan hanya pada page yang di tulis di disk. Algoritma Page Replecement melengkapi pemisahan antara memory logik dan fisik, dimana virtual memory yang besar dapat memenuhi kebutuhan memory fisik yang kecil atau yang disebut dengan sumberdaya yang terbatas.

Algoritma Page Replecement terbagi ke dalam beberapa jenis Algoritma seperti:
  1. Algoritma FIFO adalah sebuah algoritma yang mempunyai cara kerja mengganti page yang menempati memory paling lama. 
  2. Algoritma OPTIMAL adalah sebuah algoritma yang mempunyai cara kerja mengganti page yang tidak akan digunakan pada periode berikutnya dengan melihat jauh referensi berapa page tersebut akan tampil kembali. 
  3. Algoritma Least Recently Used (LRU) adalah sebuah algoritma yang mempunyai cara kerja mengganti page yang menempati periode waktu paling lama belum digunakan atau belum diakses. 
  4. Aproksimasi Algoritma LRU adalah algoritma yang mempunyai cara kerja mengganti page yang mempunya bit paling kecil. 
  5. Algoritma clock adalah algoritma yang mempunyai cara kerja mengganti page yang jumlah bitnya adalah 0, dimana pergerakan pointer searah jarum jam.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments