Skip to main content

Jenis Data dalam Komunikasi Data

Pada komunikasi data atau proses pengiriman data, tentunya ada yang dimaksud dengan data dan juga sinyal. Dalam komunikasi data terdapat dua jenis data. Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian daripada data itu sendiri.

Data adalah salah satu komponen daripada komunikasi data, dimana data ini merupakan komponen yang mengandung sebuah informasi. Data-data ini akan dikirim dalam bentuk sinyal-sinyal elektromagnetik. Sinyal disini diartikan sebagai tampilan data dalam bentuk elektrik atau elektromagnetik. Kemudian dalam sinyal ada juga istilah yang disebut dengan pensinyalan, Pensinyalan disini diartikan sebagai penyebaran sinyal secara fisik dengan melalui media yang sesuai.

Setelah membahas tentang pengertian daripada sebuah data, sekarang kita lanjutkan pembahasan kita kepada jenis-jenis daripada data di dalam komunikasi data. Data dalam komunikasi data, seperti yang disebutkan sebelumnya, mempunyai dua jenis data, yaitu data digital dan data analog. Berikut pengertiannya:

  • Data Digital adalah data yang memiliki deretan nilai-nilai yang berlainan yang memiliki ciri-ciri tersendiri. Dalam komunikasi data, data digital ditransmisikan kedalam bentuk biner. 
  • Data Analog adalah data yang ditampilkan menurut ukuran fisik yang memiliki nilai berulang (continue).


Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments