Skip to main content

Jenis Transmisi Pada Komunikasi Data

Pada komunikasi data transmisi data terjadi pada Transmitter dan Receiver. Transmitter adalah suatu perangkat komunikasi yang dapat menyalurkan sumber informasi ke dalam sistem komunikasi, sedangkan Receiver adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk menerima sumber informasi dari sistem komunikasi.

Dalam komunikasi data, terdapat tiga jenis transmisi. Ketiga jenis transmisi tersebut meliputi: 
  • Simplex atau yang disebut komunikasi satu arah adalah salah satu jenis daripada transmisi dimana hanya ada satu Transmitter dan satu Receiver, yaitu hanya ada satu pengirim dan satu penerima. Jika yang satu sebagai pengirim, maka yang satunya lagi menjadi penerima, tanpa ada timbal baliknya. 
  • Half Duplex adalah salah satu jenis transmisi dimana kedua station sudah bisa mentransmisikan data baik menjadi transmitter maupun receiver. Namun transmisi ini hanya bisa menstransmisikan secara bergantian, yaitu ketika station A menjadi transmitter maka station B menjadi receiver begitupun sebalikknya. Dapat dikatakan seperti ini, dalam transmisi Half Duplex hanya dapat mentransmisikan satu station pada saat bersamaan. 
  • Full Duplex adalah jenis transmisi dimana kedua station sudah bisa ditransmisikan bersamaan. Dimana station A bisa menjadi transmitter dan juga receiver pada saat yang bersamaan.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments