Skip to main content

Protokol Jaringan

Dalam komunikasi data, terdapat istilah protokol jaringan. Protokol disini diartikan sebagai himpunan aturan-aturan utama dalam komunikasi data dimana protokol ini bertugas untuk mengatur komunikasi data. Protokol dapat mendefinisikan apa yang dikomunikasikan dalam sebuah komunikasi, serta protokol ini juga dapat mengetahui bagaimana dan kapan terjadinya sebuah komunikasi.

Protokol yang paling banyak digunakan dalam komunikasi data pada jaringan komputer adalah TCP/IP. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) terdiri dari TCP dan UDP. Pengertian daripada TCP dan UDP akan dibahas di bawah ini:
  • TCP (Transport Control Protocol) adalah protokol yang mempunyai sifat byte stream, connection-oriented dan reable dalam pengiriman data. Connection-oriented mempunyai arti sebelum terjadi pertukaran data antar komputer harus dibentuk sebuah hubungan. Dalam hal ini untuk pengiriman data, ada yang disebut dengan handshake. Handshake adalah sebuah pertukaran sinyal antara dua perangkat pada saat komunikasi dimulai untuk memastikan sinkronisasi (kesesuaian). Tipe handshake yang digunakan di dalam TCP adalah three-way handshake karena menggunakan tiga segmen.
    Data-data yang dikirim dari layer aplikasi akan dipecah-pecah dalam bagian-bagian yang lebih kecil dan diberi nomor urut (Sequence number) sebelum dikirim ke layer berikutnya. Unit data yang telah dipecah-pecah tadi disebut dengan segment. TCP selalu meminta konfirmasi setiap kali selesai mengirimkan data. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah data tersebut sampai pada komputer tujuan dan tidak rusak. Jika data berhasil sampai mencapai tujuan, TCP akan mengirimkan data urutan berikutnya. Jika tidak berhasil maka TCP akan melakukan pengiriman ulang urutan data yang hilang atau rusak tersebut. Di dalam kenyataannya TCP menggunakan sebuah acknowledgement (ACK) sebagai suatu pemberitahuan antara komputer pengirim dan penerima.
  • UDP (User Datagram Protocol) bersifat connectionless dan unreliable dalam pengiriman data. Connectionless berarti tidak diperlukan suatu hubungan terlebih dahulu untuk proses pengiriman data. Unreable berarti pada protokol ini tidak dijamin akan sampai pada tujuan yang benar dan dalam kondisi yang benar pula. Pengiriman data pada protocol menjadi tanggungjawab dari program aplikasi pada layer di atasnya. UDP adalah protokol yang lebih sederhana dikarenakan proses yang ada di dalamnya lebih sedikit. Protokol UDP lebih sering disegmentasikan untuk aplikasi-aplikasi yang mengarah pada proses real-time seperti aplikasi multimedia, dimana kerugian paket data yang kecil lebih ditoleransi daripada nilai delay yang terjadi.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments