Skip to main content

Terminologi Komputer Parallel


Parallel Processing adalah sebuah pemrosesan informasi yang menekankan pada manipulasi elemen-elemen data pada satu atau lebih prosesor secara serentak untuk memecahkan masalah tunggal. Pada bagian ini dimaksudkan untuk mempercepat komputasi dari sistem komputer dan menambah jumlah keluaran yang dapat dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. Komputasi dalam hal ini diartikan sebagai proses menghitung atau membandingkan berbagai operasi perhitungan matematika dan logika yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dikerjakan dengan program komputer yang telah disusun sesuai dengan algoritma yang benar.

Setelah memahami tentang parallel Processing, sekarang pembahasan akan dilanjutkan kepada Parallel Computer dan Thtoughput. Parallel Computer atau komputer paralel adalah komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan paralel. Sedangkan throughput adalah banyaknya keluaran yang dihasilkan per unit waktu. Peningkatan throughput bertujuan untuk meningkatkan kecepatan operasi dan meningkatkan jumlah operasi yang dapat dilakukan dalam satu waktu tertentu yang disebut dengan concurency. 

Untuk melakukan berbagai jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk mendukung semua hal di atas maka dibutuhkan berbagai perangkat lunak pendukung yang disebut dengan middleware. Middleware ini berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel.

Untuk merealisasikan komputasi pemrograman paralel maka dibutuhkan sebuah pemrograman paralel. Pemrograman paralel diartikan sebagai teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah atau operasi secara bersamaan baik dalam komputer dengan satu prosesor ataupun banyak prosesor.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments