Skip to main content

Pengenalan Turnitin sebagai Sistem Aplikasi Cek Plagiarism

Gambar 1. Halaman Utama Situs turnitin
Turnitin adalah salah satu situs penyedia jasa untuk mendeteksi tingkat kesamaan dari suatu karya tulis dengan cara mencocokkan karya tulis dengan naskah yang telah terpublikasi. Naskah yang dimaksud meliputi artikel di dalam website, student paper, dan resource lainnya. Tingkat kesamaan akan ditunjukkan dengan persentase kesamaan berdasarkan banyaknya kesamaan dari tiap-tiap artikel atau paper yang ditemukan.

Aplikasi Turnitin ini sangat bermanfaat bagi institusi pendidikan yang ingin memastikan setiap karya tulisnya merupakan karya tulis yang asli dan belum pernah dipublikasikan. Sehingga institusi dapat terhindar dari praktik plagiat dan membiasakan untuk menghargai hasil karya orang lain.
Turnitin dapat diakses melalui www.turnitin.com dengan tampilan halaman seperti Gambar 1. Sebelum bisa menggunakan aplikasi ini, institusi anda harus berlangganan dengan Turnitin dan anda telah membuat akun (mendaftar) di Turnitin. Apabila institusi anda telah berlangganan maka institusi anda akan memperoleh account ID dan password yang selanjutnya akan digunakan saat mendaftar.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk dapat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Turnitin maka anda harus mendaftar sesuai dengan hak akses yang diinginkan. Hak akses yang dimaksud yaitu sebagai siapa anda mendaftar, apakah sebagai dosen atau mahasiswa, guru atau murid, pengajar atau siswa, dan lain sebagainya. Ada beberapa hak akses yang perlu diketahui sebelum mendaftar di Turnitin, adapun hak akses tersebut meliputi: 

  1. Student, merupakan hak akses yang digunakan oleh pengguna untuk tergabung ke dalam suatu kelas (class) yang telah dibuat oleh Instructor. Di dalam hal ini student merupakan mahasiswa atau siswa yang tergabung ke dalam kelas. 
  2. Instructor, merupakan hak akses yang digunakan oleh pengguna untuk membuat kelas (class) dengan tujuan untuk memantau hasil karya tulis yang telah dikirimkan oleh satu atau lebih student
  3. Teaching Assistant, merupakan hak akses yang mengadopsi karakteristik instructor dan student, dimana teaching assistant akan masuk ke dalam kelas layaknya student dan bisa memantau hasil pengecekan layaknya instructor.
Penjelasan terkait tata cara pendaftaran di Turnitin akan saya bahas pada postingan berikutnya. Apabila anda menyukai artikel ini, anda dapat membagikannya kepada orang terdekat anda. Terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments