Skip to main content

Skripsi Mudah Jika Anda Paham Alurnya

Skripsi atau tugas akhir sering menjadi beban oleh setiap mahasiswa, baik yang baru menginjak di bangku perkuliahan maupun mereka yang sudah berada di semester akhir. Skripsi sering kali menjadi momok yang menakutkan, sehingga membuat seseorang merasa tertekan dan akhirnya membuat malas untuk memulai dan bahkan takut untuk memulai.

Pada artikel ini penulis akan membagikan tentang tips-tips agar anda dapat lebih mudah menyelesaikan skripsi dan sekaligus sebagai panduan anda tentang bagaimana menyikapi permasalahan yang dihadapi saat menjalani skripsi. Artikel ini ditulis menurut pengalaman pribadi penulis ketika sedang menempuh skripsi jurusan informatika dan akhirnya bisa lulus dengan hasil yang memuaskan.

Pada dasarnya skripsi itu mudah, asalkan anda sudah mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Namun terkadang persiapan inilah yang menghalangi seseorang untuk bisa menyelesaikan skripsi-nya. Mereka bingung untuk mempersiapkan bahan apa saja untuk bisa mendukung skripsi yang mereka buat. Bukan hanya mempersiapkan pengetahuan terkait topik yang akan diambil, tetapi juga perlu untuk membuat strategi agar apa yang kita kerjakan dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat menempuh skripsi.

A. Memilih dan Mempersiapkan Permasalahan

Bagian ini merupakan bagian terpenting untuk memulai skripsi, di mana permasalahan adalah landasan dari sebuah penelitian. Anda harus bisa menggali permasalahan dari lingkungan sosial anda, mungkin permasalahan itu adalah permasalahan anda, keluarga, lingkungan tempat tinggal, lingkungan tempat bekerja dan lain sebagainya. Kaitkan permasalahan yang anda dapatkan dengan bidang ilmu yang anda tempuh dan gali lebih jauh apa yang anda bisa teliti dalam permasalahan tersebut.
Permasalahan juga bisa anda dapatkan dengan membaca hasil penelitian orang lain, sebagai contoh penelitian kakak tingkat yang bisa anda temukan di perpustakaan kampus. Biasanya penelitian akan berisikan saran yang ditunjukkan kepada mereka yang ingin melakukan penelitian terkait topik yang diangkat. Dari saran tersebut anda dapat memperoleh permasalahan yang bertujuan untuk menjadikan penelitian sebelumnya menjadi lebih sempurna. Anda juga dapat melakukan penelitian yang sama dengan metode yang berbeda, dengan catatan ada peningkatan hasil dari penelitian sebelumnya.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencari permasalahan untuk skripsi, antara lain
  1. Cari permasalahan sesuai dengan jurusan anda, yang dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang ramai diperbincangkan saat ini. Dengan memanfaatkan permasalahan yang sedang ramai dibicarakan akan membuat penelitian anda lebih mudah untuk diterima.
  2. Permasalahan akan lebih baik jika terdapat studi kasusnya.
  3. Pilih permasalahan yang mudah untuk diselesaikan. Biasanya jika permasalahan yang relatif mudah untuk diselesaikan, kemudian dikombinasikan dengan studi kasus yang meyakinkan, kemungkinan besar topik yang anda angkat akan disetujui. Hal ini juga tergantung pada bobot penelitian dari jurusan yang anda ambil. Usahakan bobot permasalahan yang anda akan ambil dapat memenuhi minimum bobot penelitian dari jurusan anda. Cara untuk mengetahui permasalahan yang akan anda ambil telah memenuhi syarat minimum dari bobot penelitian jurusan yaitu dengan cara membaca beberapa penelitian dari kakak tingkat yang memiliki jurusan yang sama, kemudian perkirakan apakah permasalahan anda sudah memenuhi bobot minimum. Selain itu anda juga dapat melakukan konsultasi kepada salah satu dosen terkait permasalahan yang akan anda angkat. Usahakan saat melakukan konsultasi kepada dosen, anda memilih dosen yang terkait dengan permasalahan yang anda ambil.
  4. Ketika anda menemukan ide permasalahan jangan langsung mempersiapkan proposal penelitian. Cari tahu apakah saat ini sudah ada bahan untuk melakukan penelitian tersebut, hal ini bertujuan agar penelitian anda tidak berhenti karena tidak ada bahan untuk melakukan penelitian tersebut.

B. Mempersiapkan Judul Skripsi

Setelah anda mendapatkan permasalahan yang dapat dipakai sebagai penelitian, maka selanjutnya anda harus menentukan judul dari penelitian tersebut. Judul harus menggambarkan penelitian yang akan dibahas, metode yang digunakan, dan juga studi kasus yang dipakai objek penelitian.
Berdasarkan pengalaman penulis, terdapat beberapa tips dalam pembuatan judul skripsi, antara lain:
  1. Cari sinonim atau istilah lain dari kata yang nantinya dipakai judul, usahakan sinonim atau istilah lain tersebut merupakan kata yang jarang digunakan dan masih mencerminkan dari penelitian yang akan diangkat. Dengan memakai sinonim atau istilah lain yang jarang digunakan akan membuat seseorang penasaran dan bertanya-tanya sebenarnya apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Dengan kata lain, ini akan menambah daya tarik pembaca.
  2. Judul tidak lebih dari maksimal kata yang dianjurkan dalam pedoman penelitian yang diterbitkan kampus. Setiap kampus biasanya memiliki pedoman penulisan penelitian, usahakan judul yang anda buat tidak melebihi maksimal kata yang dianjurkan dalam penelitian. Jadi membaca pedoman sangat dianjurkan untuk meminimalisir kesalahan format.
  3. Judul harus dapat mewakili pemahaman pembaca tentang penelitian yang diangkat sebagai topik. Pada bagian ini anda membutuhkan kesabaran untuk merangkai kata demi kata agar bisa tersusun dengan rapi dan sesuai dengan pedoman yang ada. Adanya pembatasan kata akan membuat anda harus ekstra teliti dalam memilih kata yang ingin dimasukkan dalam judul, sehingga judul yang dibuat tidak kehilangan makna dari pembahasan yang dilakukan.


C. Mempersiapkan Sumber Kepustakaan Terkait Judul atau Topik Skripsi

Materi kepustakaan selalu menjadi dasar untuk memudahkan peneliti dalam melakukan penelitian. Materi kepustakaan sedikitnya akan menambah pemahaman peneliti terkait topik yang diambil maupun tentang cara untuk menyelesaikan permasalahan terkait penelitian yang diambil. Materi kepustakaan dapat digunakan sebelum seorang peneliti melakukan penelitian atau bahkan sebagai panduan saat melakukan penelitian.

Sumber kepustakaan juga dapat dipakai pembaca untuk mengetahui dan mengenal istilah-istilah yang disampaikan dalam naskah skripsi. Dengan sumber kepustakaan ini akan mempermudah pembaca dalam memahami pembahasan dan topik yang diangkat.

D. Kemampuan dalam Bidang Pengolahan Data

Mampu mengoperasikan perangkat lunak (software) pengolah data akan mempermudah pembuatan laporan skripsi. Hal ini dikarenakan setiap laporan memiliki format baku yang harus diikuti dan setiap laporan akan ada proses pengolahan data sesuai dengan aturan yang ada. Kemampuan dalam mengoperasikan salah satu perangkat lunak pengolah data akan mempermudah dan mempercepat proses pembuatan laporan skripsi.

Salah satu perangkat lunak yang wajib dikuasai yaitu Ms. Word. Disamping karena Ms. Word merupakan perangkat pengolah data yang banyak dipergunakan di lingkungan sekolah, pemerintahan, dan kalangan umum, Ms. Word juga memiliki fitur-fitur yang lengkap terutama dalam pembuatan laporan skripsi. Jadi penulis mengharapkan minimal anda harus paham dalam penggunaan aplikasi ini.

E. Lingkungan yang Mendukung

Kaitannya dengan skripsi, lingkungan dapat dipakai sebagai semangat dalam membuat skripsi atau bahkan sebaliknya. Bagi anda yang saat ini sedang mengerjakan skripsi, hendaknya mencari lingkungan yang bisa mendukung proses pengerjaan skripsi yang anda ambil, ini akan dapat meringankan beban anda pada saat pembuatan skripsi.

Anda bisa mencari beberapa teman dan membentuk kelompok diskusi selama anda membuat skripsi, usahakan yang memiliki niat yang sama seperti anda dalam pengerjaan skripsi. Dengan adanya hal tersebut, akan ada motivasi dan dorongan untuk lebih cepat menyelesaikan skripsi. Selain itu anda juga mendapat orang yang bisa diajak diskusi jika sedang mendapat permasalahan.

Sejauh yang penulis alami, dengan teknik yang penulis berikan di atas. Penulis selalu merasa termotivasi ketika melihat progress pengerjaan laporan dari teman kelompok yang sudah setingkat lebih jauh. Selain itu pengalaman dari teman yang telah melakukan revisi juga bisa menjadi nilai lebih dalam penyempurnaan laporan yang sedang dibuat, sehingga dapat meminimalisir revisi yang di dapat dari dosen pembimbing.

Sekian beberapa persiapan dan strategi yang dapat saya berikan. Cara yang telah saya sampaikan hanyalah sebuah pengalaman yang saya bagi dengan tujuan agar lebih banyak mahasiswa yang lulus tanpa menganggap skripsi itu sebagai sebuah beban. Usaha dan ketekunan yang anda dedikasikan kepada tugas akhir anda adalah salah satu modal utama untuk menyelesaikan skripsi.

Jika anda menyukai artikel ini bisa anda bagikan ke teman atau kerabat yang mungkin saat ini sedang menyusun skripsi atau akan menyusun skripsi.

Artikel Terkait:

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi sebelum mengambil data dari blog ini atau sebelum berkomentar.

Comments